TIPS CARA MEMBERSIHKAN KARBURATOR MOTOR

TIPS CARA MEMBERSIHKAN KARBURATOR MOTOR

Kiat metode membersihkan karburator motor. Review kiat membersihkan karburator motor salah satu bagian yang paling penting sekiranya motor kita mau sedap diajak jalan. Patut rajin-rajin membersihkan karburatornya.

Caranya sebagai berikut :

->Bersihkan saringan udara/penampung debu : Mungkin pada tulisan sebelumnya aku telah membahas seputar metode membersihkan saringan udara pada motor untuk mengamati kembali metode membersihkan saringan udara di motor klik ini Metode Merawat Saringan Udara Pada Sepeda Motor. Oke kita lanjutkan kembali, lepaskan saringan udara yang terpasang pada mulut karburator, lepas busa saringan lalu bersihkan dengan cairan pembersih, kemudian biarkan kering sendiri. Jangan dibersihkan dengan metode disemprot udara bertekanan tinggi, sebab bisa menyebabkan rusaknya pori-pori busa saringan hal yang demikian.

Baca : Anti karat

->Bersihkan karburator : Buka karburator dengan metode melepas baut-baut pengikat, tutup karburator, katup cuk/choke, kran bensin. Pakai kunci yang layak supaya alat-alat hal yang demikian tak mudah dol. Lepas bagian-bagian karburator lalu tempatkan dalam wadah yang berisi cairan pembersih, biar mudah paka aja cairannya bensin. Lepas mangkuk karburator, pelampung dan jarum pelampung, main jet, penerbang jet, dan yang lainnya. Hati-hati kepada parts yang kecil-kecil dan seal/karet pelindung, tempatkan dalam wadah yang gampang kelihatan, supaya nanti ketika pemasangan tak linglung mencarinya.

Jikalau telah terlepas semuanya karenanya bersihakan karburator dengan kuas, lalu semprot lubang-lubangnya dnegan udara bertekanan tinggi. Pakai amplas halus untuk membersihkan kotoran pada spuyer-spuyer, Jangan terlalu banyak mengamplasnya, sebab bisa menyebabkan perubahaan ukuran diameter spuyer. Sesudah bersih, pasang kembali spuyer-spuyer hal yang demikian. Pakai obeng spuyer dan pengecangannya jangan terlalu keras, cukup pakai dua jari pada ujung obeng.

->Setel tinggi pelampung : Sebelum dipasang bagian-bagian karburator, jangan lupa untuk mengendalikan tinggi pelampung bensin dengan memakai rentang sorong/stigmat.

->Rakit karburator : Pasang kembali komponen-komponen karburator yang tadi dilepas. Rakit karburator dan saringan udara dengan dipasangkan kembali pada lubang mesin. Lalu setel kongdisi langsam motor pada kondisi mesin hidup. Setel spuyer angin-angin dengan metode memutar sejalan jarum jam smpai mentok, lalu putar balik sebagian putaran layak dengan standar mesin atau keadaan mesin motor kita.

baca juga : Chain lube

Setel juga baut penyetel langsam yang berlokasi di pinggir badan karburator. Setel pada kondisi panas mesin yang tepat. Setelan putaran mesin jangan terlalu rendah atau perlahan, hal ini bisa menyebabkan oli tak bisa naik sebab tak terpompa pengaruh rendahnya putaran mesin.

Nah begitulah metode membersihkan karburator motor, semoga tulisan ini bisa menolong Anda dan berkhasiat bagi pembacanya. Bagi yang seneng mengungkap motor dan meng otak-atik motor supaya motornya lebih mulus kembali.

 

Terkait : Harga wd 40