Belajar memasak sambil berbahasa Prancis di tengah Jakarta

 

Dengan dialeknya yang khas, pagi itu di ruangan Institut Francais Indonesia di Jakarta Sentra yang sudah disulap menjadi dapur modern, Nabil mengajari sistem membikin semacam roti dalam rendaman sup udang khas Kota Lyon, Prancis.

“Kami memberikan peragaan dua resep yang berbeda. Umumnya kami membikin hidangan pembuka dan hidangan utama atau hidangan utama dan sajian penutup. Jadi kami memperagakan pembuatan hidangan hal yang demikian, mengajari terhadap para murid sistem membikin hidangan dengan bagus. Lalu mereka belajar mempraktikkannya di meja dapur, ” papar Nabil. Kursus memasak sambil berbahasa Prancis sudah diadakan Institut Francais Indonesia atau IFI semenjak satu bulan lalu. Sejauh ini, animonya cukup tinggi. Widya dan Dita, contohnya. Kedua kakak beradik ini sengaja datang untuk belajar masakan Prancis selama 2,5 jam.

Baca : catering jakarta

“Sebagian resto terbaik di dunia ada di Prancis, jadi mungkin akar adat istiadatnya, bahan-bahannya, tekniknya dapat dipelajari di sini sehingga kita nggak perlu ke Prancis,”ujar Dita. “Ekspektasinya mau belajar resep masak baru atau teknik memasak baru, lalu melatih bahasa Prancisnya sambil memasak,” timpal Widya yang sudah meniru kursus bahasa Prancis semenjak tahap pemula.

Kursus ini memang mengakomodasi peminat masakan Prancis dari semua kalangan. Maka, bagus yang sudah lancar berbahasa Prancis atau cuma dapat sepatah-dua patah kata dapat berbaur di dapur IFI. Konsekuensinya, dalam mendidik, Nabil tidak melulu mengobrol menerapkan bahasa Prancis. Kadang-kadang pemilik resto Le Monde au Balcon di Jakarta ini menggunakan bahasa Inggris dan Indonesia supaya murid-murid dapat memahami perintahnya.

“Kami menerapkan tiga bahasa. Aku bicara dengan bahasa Inggris, juga sedikit bahasa Indonesia. Kami mencoba sebanyak mungkin berbahasa Prancis, namun kami semestinya mengikuti keadaan saat kami harus mengejar waktu memasak. Saat itu terjadi, kami berbahasa Inggris dan Indonesia supaya segala dapat paham dengan terang. Tapi, bila waktu tersedia cukup banyak, aku akan mengajari kata-kata serta kalimat Prancis. ” Komponen dari warisan tradisi dunia Minat publik Indonesia kepada masakan Prancis itulah yang dimanfaatkan IFI untuk menggelar kursus memasak sembari berbahasa Prancis.

Lagipula, masakan Prancis sudah ditasbihkan sebagai komponen dari warisan tradisi dunia.

“Masakan Prancis sudah teregistrasi dalam warisan tradisi dunia tidak benda oleh UNESCO. Masakan merupakan komponen penting dari tradisi Prancis, seperti sistem memasak, sistem membenahi meja. Setelah mau kami lakukan di IFI merupakan mempromosikan masakan Prancis sebab kami sudah melihat bahwa banyak orang Indonesia mau tahu lebih banyak soal masakan Prancis. Untuk itu kami menentukan untuk mengadakan kursus ini supaya masakan dan tradisi Prancis bisa diakses segala orang, ” kata Arnaud Rivoire, selaku direktur IFI.

Pandangan bahwa masakan merupakan komponen dari tradisi Prancis juga diucapkan koki Nabil Jaghdour.

“Tujuan dari kursus ini merupakan mengajar publik Indonesia mengenai tradisi Prancis. Tentu ada banyak sistem mengerjakannya, namun aku yakin masakan Prancis merupakan salah satu sistem terbaik untuk mempromosikan tradisi Prancis, sehingga banyak orang mengetahui sistem kami memasak, sistem kami makan, dan sistem kami hidup di Prancis. ” Walaupun lebih dari dua jam memasak, wewangian sup udang dan sup jamur yang diperagakan Nabil mulai tercium harum. Aku, bumbunya sama sekali tak kompleks.

Baca juga : Pastry course jakarta

Setelah itulah, berdasarkan Nabil Jaghdour yang berpengalaman memasak selama 17 tahun di lima benua, yang menjadi ciri khas masakan Prancis.

“Aku kaprah masakan Prancis sangat mumpuni dalam menerapkan bahan-bahan kuliner berkwalitas benar-benar tinggi, dan membumbuinya dengan total namun tak terlalu berlebihan sehingga kwalitas natural bahan-bahan makanan dalam suatu hidangan masih bisa dirasakan, ” kata Nabil sembari memasak.

Walaupun segala siap dihidangkan, Nabil memperagakan sistem mendekorasi sajian menjadi format seni yang nikmat diperhatikan.

 

 

Terkait : https://www.arkamayaculinary.com/