Ingin Pasang Lantai Kayu Untuk Rumah? Pertimbangkan 4 Hal Ini Dahulu!

Untuk Anda yang sedang dalam proses membangun rumah, apakah Anda telah memutuskan jenis lantai kayu atau parket? Parket yaitu jenis lantai yang menggunakan kayu sebagai bahan dasarnya. Penggunaan parket atau dalam bahasa Inggris disebut parquet, umumnya dijalankan oleh para pelaku desain interior atau menjadi pilihan pemilik rumah untuk menambah kesan mewah dalam ruangan atau rumah tersebut.

Jenis lantai ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tentu jika diteliti, Anda dapat menerima hasil terbaik dengan menggunakan lantai kayu pada rumah Anda. Untuk itu, berikut 4 hal yang semestinya diamati dalam menggunakan jenis lantai tersebut.

1. Penempatan Jangka Pendek VS Jangka Panjang
Khususnya di Indonesia, penggunaan lantai berbahan dasar keramik telah menjadi hal wajar. Tetapi, tidak untuk penggunaan lantai berbahan parket ini. Tidak semua orang memiliki selera yang sama.

Jika Anda hanya berencana menempati rumah dalam jangka pendek – contohnya ditinggali selama 5 tahun lalu Anda berencana untuk pindah rumah, sebaiknya jangan menggunakan kayu sebagai bahan dasar lantainya. Tetapi jika Anda memang mendesain rumah yang tengah dibangun sebagai tempat tinggal jangka panjang, tentu Anda dapat memilih jenis parket yang sesuai dengan preferensi.

2. Observasi Ragam Kayu Diaplikasikan Melainkan
Parket mempunyai dua tipe kayu, adalah kayu solid dan kayu sintetis atau umumnya disebut laminated. Tentunya, kedua tipe ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Untuk kayu solid, kelebihan yang ditawarkan yaitu penampilan yang lebih menarik dan awet untuk penggunaan jangka panjang, sebab diambil langsung dari pohon. Tetapi, kelemahannya yaitu rawan kepada kelembaban dan terkenal dengan harganya yang mahal karena jumlahnya terbatas di alam.

Kayu tipe laminated adalah alternatifnya. Selain harganya murah, kayu laminated masih mempunyai penampilan lantai yang menyerupai lapisan kayu karena lapisan atasnya menggunakan lapisan kayu. Tetapi, kelemahan tipe parket kayu laminated yaitu lebih rawan kepada kelembaban dan serangan rayap.

3. Perhatikan Jenis Dasar Lantai Rumah
Salah satu pertimbangan sebelum memilih jenis lantai kayu yaitu kekuata dan kebersihan dasar lantai yang akan ditutupi.

Pastikan dasar lantai tersebut tidak akan membuat lantai kayu yang dipasang menjadi lembab dan keropos. Jika iya, jangan memaksakan untuk menggunakan parket sebagai alas ruangan tersebut. Tentunya Anda tidak ingin bentuk lantaimu menjadi tidak proporsional di kemudian hari, bukan?

Untuk mengakalinya, umumnya pihak kontraktor akan memberikan lapisan plastik tipis atau foam diantara lantai dasar dan lantai kayu yang akan dipasangi. Gunanya yaitu untuk membendung uap air merusak lantai parket dalam rentang panjang.

4. Pemasangan Lantai Parket Tidak Mudah
Memasang lantai kayu atau parket memerlukan ketelitian yang lebih tinggi dibanding lantai keramik yang awam kita lihat. Kenapa? Karena banyak unsur yang perlu diamati seperti teknik flooring, teknik sanding yang lebih teliti, dan kecocokan kontur kombinasi semen dan pasir yang diterapkan kepada jenis butir kayu. Jika sembarangan, akibatnya hasil tidak akan sebagus kamar-kamar mewah yang kamu lihat di internet atau layar komputer Anda.

Untuk itu, jika kamu memutuskan untuk menggunakan jenis lantai kayu atau parket, pakai jasa pemasangan lantai/ ubin yang profesional serta berpengalaman terutama dalam memasang lantai jenis parket. Jangan ambil risiko untuk menggunakan kontraktor yang tak berpengalaman untuk investasi jangka panjangmu!

Baca Juga: Decking Kayu

 

Posted In CategoriesTips