Cara Pengecatan Lantai Beton Dengan Menggunakan Cat Epoxy

Selama ini mungkin banyak diantara Anda yang berpendapat bila proses pengecatan lantai beton menggunakan cat epoxy dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Walaupun beberapa material cat bisa bekerja dengan teknik self leveling, akan tetapi proses pengecatan lantai beton tetap harus dilakukan dengan tahapan yang benar.

Dengan kata lain, proses pengecatan lantai beton menggunakan cat epoxy lantai seharusnya dilakukan oleh orang yang profesional dan telah berpengalaman di bidangnya. Karena jika salah, bukannya menjadi awet malahan lantai beton dapat menjadi rusak jika proses penerapan cat dilakukan tidak benar.

Berikut ini merupakan tingkatan pengecatan lantai beton menggunakan cat epoxy :

1. Penggosokan Area

Langkah pertama untuk menggunakan cat epoxy yaitu menggosok permukaan lantai beton supaya terhindar dari bermacam-macam barang yang mungkin berpotensi menganggu proses pengecatan. Proses penggosokan area juga berfungsi untuk membersihkan permukaan lantai beton dari bermacam-macam kotoran baik itu debu, kotoran cair atau kotoran lainnya.

Simak Juga: Harga Epoxy

2. Grinding Untuk Membuka Pori-Pori Lantai

Sesudah lantai beton dibersihkan dan semua benda diatasnya telah disingkirkan, selanjutnya masuk pada proses grinding. Grinding sendiri merupakan proses membuka atau mengupas pori-pori lantai.

Proses griding ini juga benar-benar ampuh menghilangkan noda bekas minyak pada lantai, serta kotoran yang telah berkerak. Apabila semua kotoran yang menempel pada permukaan lantai beton telah hilang, maka cat epoxy bisa menempel dengan sempurna pada permukaan lantai.

3. Primer Epoxy

Langkah berikutnya adalah dengan menggunakan material primer epoxy atau coating pertama. Penerapan material ini dilakukan tepat sesudah lantai selesai dibuffing, dan umumnya penerapannya dilaksanakan menerapkan alat roll maupun raskam.

Apabila primer coating sudah menyerap dan tersebar di seluruh permukaan lantai beton, diamkan beberapa saat sampai coating primer mengering.

4. Plamir Epoxy

Apabila primer sudah benar-benar kering, maka lanjut ke tahap berikutnya yaitu penerapan plamir epoxy. penerapan plamir epoxy juga dapat dilakukan menggunakan raskam maupun cape scrap untuk hasil yang lebih merata.

Biasanya proses penerapan raskam harus dilakukan dengan pesat mengingat material yang digunakan tidak secair material coating primer. Akan tetapi menariknya plamir epoxy sendiri telah mempunyai jenis warna yang bervariasi.

Cek Juga: Harga Epoxy Lantai

5. Sortir Plamir

Seperti yang telah dibeberkan sebelumnya bila material yang diagunakan pada plamir epoxy cenderung sedikit lebih padat maka tidak heran bila penerapannya bisa tidak rata seperti material lain. Oleh karena itu, harusnya dilakukan tahap berikutnya yaitu sortir plamir.

Langkah ini dilakukan untuk mengecek kerataan plamir pada lantai beton. Kalau terdapat bagian yang tidak rata karenanya dapat menggunakan material plamir tambahan atau diamplas untuk menguranginya. Penerapan ini tidak dilakukan secara keseluruhan akan tetapi hanya pada bagian yang diperlukan saja.

Fungsi dari sortir plamir sendiri bukan hanya untuk meratakan permukaan cat plamir akan tetapi untuk memberikan hasil cat yang sempurna. Karena permukaan plamir yang tidak sempurna bisa memberi pengaruh warna sehingga nantinya terlihat belang.

6. Pengecatan Epoxy Dasar

Masuk pada tahap penerapan cat epoxy warna. Disini Anda dapat memilih warna netral maupun warna lain sebagai lapisan dasar epoxy coating atau base coat. Untuk tahap pertama penerapan epoxy dasar, umumnya hasil belum merata secara sempurna, maka dari itu berikutnya lantai beton harus diamplas supaya tidak ada permukaan yang timbul menggelembung.

Lakukan pengamplasan pada seluruh bagian lantai sehingga permukaan lantai beton rata total.

7. Finishing

Yang terakhir adalah proses finishing. Tahap ini dilakukan dengan menggunakan top coat. Proses penerapannya sendiri sama seperti penerapan cat dasar yaitu dapat menggunakan raskan atau rol untuk mendapatkan jangkauan yang lebih luas.

Fungsi dari penerapan top coat antara lain yaitu untuk menerima ketebalan cat epoxy yang sesuai serta mendapatkan cat epoxy dengan kilau yang sempurna.
Seluruh tahap penerapan cat epoxy di atas harus dilakukan secara urut dan sesuai prosedur sehingga tidak ada kerusakan permukaan lantai akibat kesalahan teknis.

Kunjungi Juga: Jasa Epoxy Lantai

Posted In CategoriesTips