Pengertian Lab

Pengertian Lab

1. Pengertian Lab
Lab yaitu daerah belajar mendidik via sistem praktikum yang bisa mewujudkan pengalaman belajar dimana siswa berisi teraksi dengan bermacam alat dan bahan untuk mengobservasi gejala-gejala yang bisa dilihat secara segera dan menggambarkan sendiri sesuatu yang dipelajari jadi suatu lab sekolah memiliki peranan yang benar-benar penting dalam upaya meningkatkan kwalitas serta system pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Baca : Laboratorium bahasa
2. Fungsi dan Peranan Lab
Fungsi laorbarotrium ialah sebagai sumber belajar dan mendidik, sebagai sistem pengamatan dan sistem tes, sebagai prasarana pengajaran atau sebagai wadah dalam cara kerja belajar mendidik.

3. Kesibukan Lab
Melewati kesibukan lab siswa bisa mempelajari fakta, gejala, merumuskan, konsep, prinsip, hokum dan sebagainya. Tujuan kesibukan praktikum kecuali untuk mendapat pengetahuan yang bersifat kognitif juga bertujuan untuk mendapat keterampilan / performa, bisa mempertimbangkan pengetahuan dan keterampilan hal yang demikian pada kondisi baru/lain, serta mendapat sikap ilmiah. Berdasarkan Azizah (2003) dalam proses praktikum, lazimnya mencakup :
Persiapan, mencakup
– Memastikan tujuan praktikum
– Mempersiapkan alat dan bahan
– Melihat keamanan, kesehatan dan kenyamanan
– Memberi penjelasan apa yang patut dipandang dan langkah-langkah yang patut dikerjakan siswa.
Kerja, mencakup :
– Siswa mengerjakan praktikum
– Guru, pembantu dan ko-pembantu memperhatikan cara kerja praktikum
Tindak lanjut, mencakup :
– Mengumpulkan laporan praktikum
– Membicarakan problem yang ditemukan siswa
– Memeriksa dan menaruh kelengkapan

Baca juga : Lab bahasa inggris
4. Tujuan kesibukan di Lab
Teliti dalam pengamatan dan akurat dalam pencatatan pada dikala pengamatan.
Cakap menafsirkan hasil tes untuk mendapat penemuan kreatif dan bisa menyelesaikan problem.
Cakap merencanakan dan mengerjakan tes.
Jago mempergunakan alat-alat lab.
Tumbuh sikap positif kepada kesibukan praktikum.

5. Evaluasi kesibukan di lab
Untuk mengerjakan evaluasi kepada kesibukan lab bisa dikerjakan dengan 3 metode sebagai berikut :
Laporan adalah rekaman atas apa yang dikerjakan siswa selama via kesibukan praktikum. Tujuan adanya laporan ini ialah untuk mengenal tingkat pemahaman siswa kepada materi praktikum dan kecakapan siswa dalam merangkai data hasil tes serta analisisnya.

Percobaan kesibukan lab
Percobaan kesibukan lab dipakai sebagai bahan untuk evaluasi.
Pengamatan segera
Pengamatan dikerjakan untuk mengenal performa siswa pada dikala mengerjakan kesibukan praktikum, seumpama untuk mengenal kecakapan siswa dalam memilih alat yang cocok, merangkai alat, memakai alat, sikap siswa pada dikala mengerjakan praktikum.
ini menampakkan bahwa suatu pengevaluasian tak cuma dikerjakan dengan memperhatikan hasil akhir seperti laporan, melainkan patut meliputi hasil akhir dan cara kerja untuk menempuh hasil itu, termasuk di dalamnya performa siswa, sehingga guru bisa mempunyai kabar yang komplit perihal siswa.

Posted In CategoriesPendidikan