Daya Kependidikan Sepatutnya Diapresiasi

kependidikan

Sekolah International Jakarta – Pengajaran berkwalitas adalah keniscayaan bagi terciptanya buah hati bangsa yang cerdas dan berkarakter, yang menjadi tumpuan kemajuan Indonesia di masa depan.

Kwalitas pengajaran tak bisa terlepas dari fungsi dan peran para pengajar dan kekuatan kependidikan. Merekalah ujung tombak sektor pengajaran di Tanah Air. Oleh karena itu, wajar kalau Kementerian Pengajaran dan Kebudayaan (Kemendikbud) via Direktorat Jenderal Guru dan Daya Kependidikan (Ditjen GTK) memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap para Guru dan Daya Kependidikan ( GTK). Lebih-lebih, bagi mereka yang berprestasi dan dievaluasi sesuai menerima penghargaan.

Salah satu format penghargaan yang dikasih terhadap para GTK ialah via pemilihan guru dan kekuatan kependidikan berprestasi dan berdedikasi tingkat Nasional yang dijalankan tiap-tiap tahun. Untuk 2018 penghargaan bagi guru berprestasi dan berdedikasi akan dikasih terhadap guru mulai dari tahapan pengajaran buah hati umur dini hingga tahapan pengajaran menengah. Sedangakan untuk kekuatan kependidikan berpreatsi dan berdedikasi akan dikasih terhadap kepala sekolah, kekuatan lab, pengawas sekolah petugas perpustakaan dan kekuatan administrasi sekolah di seluruh tahapan.

Pemilihan Guru dan Daya Kependidikan Berprestasi dan berdedikasi adalah bukti kepedulian Kemendikbud pada mereka yang menampilkan daya kerja lebih dalam bidangnya masing-masing. Sebelum hingga pada pemilihan tingkat nasional , peserta yang sudah memenuhi persyaratan akademik dan administratif lebih dahulu seharusnya lewat sebagian level. Tingkatan pemilihan dijalankan secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan berujung pada tingkat nasional.

Lewat aktivitas ini diinginkan bisa menyemangati dan meningkatkan profesionalisme guru dan kekuatan kependidikan sampai berujung pada peningkatan kwalitas pengajaran nasional.

Malahan dengan penghargaan kepada guru dan kekuatan kependidikan, sebagai bukti pemerintah amat peduli kepada jerih payah mereka yang sudah menampilkan daya kerja yang lebih dari pada yang lain.

Pemerintah amat menginginkan masyarakat juga bisa memberikan apresiasi bagi guru dan kekuatan kependidikan yang mempunyai prestasi dan dedikasi yang bagus mengingat pengajaran adalah tanggung jawab bersama antara pemerintah, pemerintah tempat dan masyarakat. Meski aktivitas ini telah adalah rencana tahunan Kemendikbud, partisipasi seluruh pihak perlu ditingkatkan terlebih dari masyarakat luas.

Berdasarkan tata tertib UU No 14/2005, penghargaan terhadap guru berprestasi ditetapkan atas dasar macam dan tahapan tertentu. Pertama, penghargaan bisa dikasih oleh pemerintah, pemerintah tempat, masyarakat, organisasi pekerjaan, dan/atau satuan pengajaran. Kedua, penghargaan bisa dikasih pada tingkat satuan pengajaran kabupaten/kota, provinsi, dan/atau tingkat nasional.

Kriteria pengevaluasian akan dijalankan secara komprehensif mulai dari kompetensi yang dimiliki, daya kerja, dan wawasan kependidikan. Pengevaluasian daya kerja bisa diperhatikan dari laporan hasil pengevaluasian daya kerja guru semenjak dua tahun sebelumnya.

Adapun pengevaluasian kepada aspek kompetensi dijalankan via percobaan tulis, amati, dan wawancara menyangkut empat kompetensi yang seharusnya dimiliki oleh guru. Keempatnya ialah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesionaldi sekolah internasional di Jakarta.

 

 

Posted In CategoriesNews