Buat Kaldu Bubuk Itu Gampang, Lho!

Buat Kaldu Bubuk Itu Gampang, Lho!
Kaldu sayuran dapat jadi kaldu yang diaplikasikan dalam pelbagai kuliner. Kecuali kaldu segar, Anda juga dapat membikin kaldu bubuk sendiri di rumah. Tentunya tanpa kandungan MSG, bahan perasa, bahan pengawet, dan bahan tambahan makanan lainnya. Kaldu bubuk yang diwujudkan sendiri pasti mengaplikasikan bahan dan bumbu yang segar. Kaldu bubuk ini juga dapat diaplikasikan sebagai penambah rasa pada sup, semur, tumisan, atau kuliner lainnya. Kecuali, wortel, seledri, dan bawang bombay, Anda dapat menambahkan sayuran lain. Supaya kaldu bubuk buatan Anda kian gurih dan kaya rasa. Sayuran lain yang dapat ditambah, semisal bawang putih, tomat, daun bawang, jamur, atau daun basil.

Baca juga : Tepung maizena

Sayuran yang mempunyai ukuran besar, seperti wortel dan bawang bombay sebaiknya dipotong-potong khususnya dulu. Sesudah itu siapkan bahan lainnya. Dalam pembuatan kaldu bubuk juga membutuhkan garam. Garam yang dibutuhkan adalah 20% dari berat sayuran yang diaplikasikan. Garam dalam pembuatan kaldu bubuk kecuali untuk menambah rasa, juga berfungsi sebagai bahan pengawet natural. Penerapan garam bertujuan menghalangi pertumbuhan jamur dan kuman.

Metode membikin kaldu bubuk sungguh-sungguh gampang, adalah sesudah sayuran dipotong lantas saja campurkan dengan garam. Dan masak mengaplikasikan api kecil selama 2 jam, sambil terus diaduk supaya tak lengket dan gosong. Pada permulaan pengerjaan memasak, kandungan air di dalam sayur akan keluar. Biarkan air hal yang demikian diresapi oleh garam atau menguap. Sesudah cairan mengering, matikan api dan tuang sayuran di atas loyang yang telah dilapisi dengan kertas roti. Panggang sayuran yang telah kering di dalam oven dengan temperatur 150°C selama 1 jam 15 menit. Sampai sayuran benar-benar kering. Sesudah sayuran kering dan dikeluarkan dari dalam oven, dinginkan. Lalu, haluskan dengan food processor sampai benar-benar halus dan menjadi bubuk.

Kaldu bubuk dapat disimpan hingga 3 bulan dalam wadah kedap udara, tak terkena cahaya sang surya lantas, dan tak lembab. Kaldu bubuk dapat diaplikasikan dengan takaran 1 sdt untuk 1 liter air.

 

 

 

Artikel lainnya : Kaldu bubuk

Posted In CategoriesKuliner