(ASI) Sebagai Gizi Yang Bagus Untuk Bayi

Cara Cepat Hamil – Air susu ibu (ASI) yaitu sumber makanan pokok untuk bayi yang baru lahir atau bayi di bawah umur 6 bulan. Pemberian ASI ekslusif amat disarankan untuk bayi sebab ASI mempunyai beraneka ragam manfaat untuk memenuhi zat nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya. Kandungan nutrisi yang ada di dalam ASI pantas dengan keperluan bayi pada tiap tahap pertumbuhannya. Kecuali itu kandungan zat nutrisi dalam ASI lebih unggul ketimbang susu formula. ASI mengandung nutrisi khusus yang akan menolong dalam perkembangan dan pertumbuhan otak si kecil.

Baca Juga : Cara Memperbanyak ASI

Lemak

Air susu manusia mengandung lemak untuk pertumbuhan otak yang lazim disebut DHA (decosahexaenoic acid) dan ARA (arachidonic acid), asam lemak omega-3 yang amat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan jaringan saraf. Dalam hal ini DHA amat diperlukan untuk membangun myelin atau sarung pembungkus pada masing-masing saraf yang menolong dalam stimulasi saraf elektris untuk bergerak serta hingga ke daerah yang di tuju dengan lebih pesat.

Air susu ibu (ASI) mengandung enzim lipase yang menolong dalam pengerjaan mencerna lemak sehingga lebih banyak yang diresapi oleh tubuh bayi dan cuma sedikit yang terbuang.

Protein

Komposisi protein yang terkandung dalam ASI berbeda dengan protein dalam susu formula. Kandungan protein dalam air susu ibu (ASI) amat tinggi. Protein yang terkandung dalam air susu merupakan kasein dan whey (air dadih). ASI mengandung lebih banyak whey yang amat gampang diresapi oleh metode pencernaan bayi. Meskipun pada susu formula atau susu sapi lebih banyak mengandung kasein yang amat susah dincerna oleh usus bayi. Kandungan kasein dalam ASI cuma 30% dan pada susu sapi sebanyak 80%.

Air susu ibu (ASI) lebih banyak mengandung asam amino yang amat komplit. Salah satu asam amino yang banyak dalam protein ASI merupakan taurin. Kandungan asam amino taurin amat berkhasiat untuk perkembangan otak. Kecuali itu ASI amat kaya akan nukleotida yang amat berkhasiat untuk menolong dalam meningkatkan pertumbuhan atau kematangan usus dan meningkatkan tenaga bendung tubuh serta menolong menstimulasi pertumbuhan kuman bagus dalam usus.

 

Posted In CategoriesKesehatan